oleh

Jalan Rusak Parah, Warga Tabir Barat Minta Kepastian Proyek PT SMI

-Daerah-253 views

Infomelayu.com,Merangin- Tingginya Curas Hujan di Kabupaten Merangin beberapa bulan terakhir, sehingga berdampak pada Kerusakan sebagian badan jalan yang berada di kawasan Kabupaten Merangin, salah satunya Jalan Poros Menuju 14 Desa di Kecamatan Tabir Barat, terlihat puluhan lobang menganga di badan jalan menuju Kecamatan  Tersebut.

Pantauan Infomelayu.com dilapangan, sedikitnya puluhan badan jalan yang berlobang dan tergenang air, tak ubahnya seperti kubangan kerbau. Mirisnya lagi ada beberapa median jalan yang nyaris abruk, salah satunya di kawasan pesantren Desa Muara Langeh, yang mana Box Culvert (Saluran Air) nyaris ambruk, dan sebagian hanya tinggal serpihan besi saja.

Akibatnya masyarakat pengguna jalan terpaksa melakukan perbaikan jalan secara Swadaya dengan menggunakan kayu dan penimbunan secara suka rela, info yang diperoleh dari warga sekitar, yang tak mau namanya disebut, Box Curvert ambruk semenjak banjir melanda Kecamatan Tabir Barat Beberapa waktu yang lalu, namun hingga saat ini belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah Merangin.

Akibatnya sering terjadi kemacetan di daerah tersebut karena kenderaan harus satu per satu untuk menempuh jalan yang rusak tersebut, bahkan ia mengaku kenderaan roda Empat dan enam sering nyaris terbalik masuk kesungai jika melwati jalan rusak tersebut, ia berharap agar ada perhatian dari dinas Pekerjaan Umum (PU) Merangin untuk memperbaiki box tersebut meskipun sipatnya sementara, mengingat hari lebaran akan tiba.

Dengan banyaknya median jalan yang rusak parah di Tabir Barat juga mendapatkan sorotan tajam dari Erdika Putra, Pengurus Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air-Indonesia Bersatu (PEKAT-IB) Provinsi Jambi, yang merupakat Putra Tabir Barat, Menurutnya Kondisi Jalan di Tabir Barat sangat memprihatinkan.

Untuk itu ia meminta kepada Pemerintah Kabupaten  Merangin agar betul-betul serius dalam merealisasikan peningkatan jalan di Kecamatan Tabir Barat,  “karena melihat kondisi jalan yang sekarang sudah sangat parah dan  mengancam keselamatan nyawa masyarakat”. Ujar erdi

Menurutnya kondisi jalan Tabir Barat jarang tersentuh Anggaran Pemerintah Kabuapaten Merangin, sedangkan jalan tersebut merupakan media penghubung bagi masyarakat dalam meningkatkan perkonomian,  oleh karenanya “kami Masyarakat Tabir Barat secara khusus meminta kepada Pemkab dan DPRD Kabupaten Merangin, agar benar benar senapas dengan kepentingan Masyarakat Tabir Barat Khususnya”.

ia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Merangin agar segera mungkin dalam merealisasikan pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur  (SMI) sekitar 29 Milyar Rupiah yang di gembor gemborkan  beberapa bulan lalu, “kita minta secepatnya terealisasi Proyeknya,paling lambat setelah lebaran ini, mengingat kondisi jalan yang sudah  rusak parah”.ujarnya lagi

ia berharap setelah wabah Corona ini berlalu tidak ada lagi alasan bagi Pemerintah Kabupaten Merangin untuk menunda Realisasi Mega Proyek tersebut, ia juga berharap nantinya Para Anggota DPRD Kabupaten Merangin dan unsur Masyarakat untuk bersama sama mengawasi proyek peningkatan Jalan tersebut, karena Tabir Barat jarang sekali mendapatkan dana yang besar untuk kepentingan Infrastruktur, dan diharapkan PT pemenang tender nantinya agar memperhatikan mutu jalan.

Sementara itu As’ari Elwakas Anggota DPRD Kabupaten Merangin yang  juga merupakan Putra Tabir Barat, ketika dikonfirmasikan Media ini mengatakan, Ruas jalan tersebut  masuk dalam rencana penganggaran melalui PT SMI, ‘ kalau untuk penimbunan lobang tidak Ada anggaranya,  yang  ada kita nyiapkan di dinas PUPR untuk kegiatan Penanganan jalan dan jembatan dititik titik tertentu”. Ujar pria yang akrab di sapa opuk tersebut.

Menurut opuk, Kalau lobang seperti itu masih dibisa dilakukan perhitungan volume kerusakanya dan masih bisa dilewati, sementara “Terkait masalah PT SMI tinggal menunggu penanda tanganan antara PT SMI dengan Pemerintah Kabupaten Mereangin,  yang seharusnya bulan April  kemaren sudah dilakukan namun dikarenakan Pandemi Virus Corona ini maka masih tertunda, kita berharap Insya Allah bulan Juni nanti akan terealisasi” tutup opuk

 

Penulis/Editor : Murdhani Pro Rakyat

Komentar

News Feed